Rabu, 16 Desember 2015

ENGINEERING MANAGEMENT


 
        Manajemen rekayasa adalah sebuah jurusan baru di Fakultas Teknologi Industri. Nggak namanya aja yang keren, tapi daya tarik prodi ini juga tak kalah saing dengan jurusan-jurusan teknik yang lain. Jadi manajemen rekayasa adalah program studi pecahan dari Teknik Industri yang baru. Mungkin masih banyak yang nggak tau apa itu Manajemen Rekayasa. Jurusan ini diberi nama Manajemen Rekayasa atau Engineering Management karena program studi ini mengombinasikan keahlian manajemen dengan dasar-dasar pengetahuan engineering utnuk memimpin suatu team yang berisi para ahli dalam mengerjakan persoalan-persoalan teknis. Ilmu manajemen disini menjadi jembatan antara kemampuan engineering dengan tujuan yang ingin dicpai. Program studi ini menggabungkan berbagai macam disiplin ilmu sebagai modal keilmuannya dan menggunakannya untuk menghasilkan inovasi pada suatu produk maupun sistem.
      Manajemen Rekayasa memang masih terhitung satu rumpun dengan Teknik Industri. Tetapi ada perbedaannya yaitu, Teknik Industri mempelajari efektifitas dan efiseinsi, sedangkan Manajemen Rekayasa lebih cenderung ke inovasi. Misalnya suatu industri membutuhkan suatu inovasi supaya nggak kalah saing dengan industri lainnya. Ini adalah tugas dari Manajemen Rekayasa untuk membuat inovasi tersebut. Apabila inovasi tersebut berhasil, maka proses lebih lanjut bagaimana inovasi tersebut berjalan dilakukan oleh Teknik Industri.
        Dalam Manajemen Rekayasa mempelajari sains, matematika, dan prinsip-prinsip teknik, dan juga menjangkau ilmu manajerial. Lulusan dari Manajemen Rekayasa dapat merancang,  membangun, mengoperasikan, mengoptimalkan, dan terus meningkatkan sebuah perusahaan teknologi, publik atau swasta. Lulusan Manajemen Rekayasa banyak dibutuhkan di perusahaan apalagi perusahaan yang basisnya inovasi. Hampir semua perusahaan membutuhkan inovasi untuk bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Jadi jangan takut untuk bergabung dengan Manajamen Rekayasa. Meskipun termasuk dalam program studi yang baru, tetapi menjanjikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar